Senin, 14 Oktober 2013

Minum Berdiri

Saya sangat prihatin dengan realita yang pada zaman sekarang, banyak sekali umat muslim yang terdoktrin dengan kebudayaan yang jelas-jelas dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya. Salah satunya makan dan minum berdiri, menurut berapa orang ini hanya masalah sepele. Bahkan sampai ada yang namanya "Standing Party", dan jika ada pesta seperti itu banyak sekali muslim yang datang dan mereka sepertinya menikmati makan dan minum dengan berdiri. Padahal Nabi Muhammad saw tak pernah mengajarkan seperti ini,dan melarang melakukan hal ini seperti hadits shahih berikut
Abu Hurairah radhiallahu anhu berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
لَا يَشْرَبَنَّ أَحَدٌ مِنْكُمْ قَائِمًا فَمَنْ نَسِيَ فَلْيَسْتَقِئْ
“Janganlah sekali-kali salah seorang di antara kalian minum sambil berdiri. Apabila dia lupa maka hendaknya dia muntahkan.” (HR. Muslim no. 2026), dan

Dari Anas radhiallahu anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda:
أَنَّهُ نَهَى أَنْ يَشْرَبَ الرَّجُلُ قَائِمًا
“Bahwa beliau melarang seseorang minum sambil berdiri.” (HR. Muslim no. 2024)

dan Allah azza wa jalla juga melarang hal ini, dalam surat Muhammad ayat 12 Allah berfirman
"Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Dan orang-orang yang kafir itu bersenang-senang (di dunia) dan mereka makan seperti makannya binatang-binatang. Dan neraka adalah tempat tinggal mereka."( QS Muhammad : 12)
            Apakah kita masih ingin makan dan minum seperti orang kafir yang makannya seperti binatang? Tahukah anda bahwa binatang makan dan minum sambil berdiri? Jika kita masih melakukan hal itu pa bedanya kita dengan org kafir dan binatang?
            Lalu dalam ilmu kedokteran juga terdapat bahaya dalam tubuh klita jika kita masih minum sambil berdiri. Dalam sebuah kajian kesehatan akupuntur yang diadakan salah satu ahli akupuntur, membuktikan bahwa air minum yang masuk dengan cara minum sambil duduk lebih baik dibandingkan kita minum dengan cara berdiri.

Air putih yang kita minum saat duduk akan disaring oleh sfringer. Sfringer adalah suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada pos-pos penyaringan yang berada di ginjal.

Sebaliknya, jika kita minum air putih dengan cara berdiri, maka air yang kita minum itu masuk tanpa disaring lagi. Air itu bisa langsung menuju kandung kemih. Ketika langsung menuju kandung kemih, maka terjadi pengendapan di saluran ureter.
            Karena banyak limbah-limbah yang menyisa di ureter maka hal ini bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal. Salah satu penyakit ginjal yang berbahaya. Susah kencing itu penyebabnya. Apabila minum sambil berdiri ini tidak kita hindari akan maka bersiap-siaplah menerima efek buruk lain pada organ ginjal anda, kita tahu salah satu fungsinya yakni menyaring racun ke dalam tubuh. Lihatlah betapa indah nya islam, pasti smua yang dilarang dan diperintahkan pasti ada hikmahnya.
Lalu apakah masih ingin makan dan minum sambil berdiri? Agama Islam dan ilmu kedokteran sudah melarang. Lalu apakah kita masih tidak peka?
Semoga Bermanfaat

Azmul Pawzi (ditulis pada 24 April 2012)

0 komentar:

Poskan Komentar