Kamis, 19 Februari 2015

Cerita Memimpin Kepanitiaan LKMM TM Se-Indonesia 2015

Latihan Kepemimpinan & Manajemen Mahasiswa atau yang di singkat LKMM merupakan jenjang pelatihan kepemimpinan yang ada tahapannya. Pelatihan ini di mulai dari LKKM TD (Tingkat Dasar) dan TM (Tingkat Menengah) dan TN (Tingkat Nasional).


Tim Inti Panitia
          Dalam Melaksanakan pelatihan ini, penyelenggara dapat memilih lingkupnya. Mereka bisa membuat LKMM TD Se-Fakultas contohnya atau Se-Provinsi.Pada tahun 2015 ini, BEM KM Unand menyelenggarakan LKMM TM Se-Indonesia. Hal ini bertahap karena tahun sebelumnya BEM KM Unand telah menyelenggarakan LKMM TM Se-Regional 1 Indonesia yang beruang lingkup Jawa, Sumatera dan Bali.

Pada event besar ini, saya dan Sonya Andomo yang berasal dari kementrian PSDM BEM KM Unand di minta sebagai penanggung jawabnya. Dan akhirnya saya di tunjuk sebagai ketua pelaksana dan sonya menjadi sekretaris pelaksana.

Alhamdulillah banyak pengalaman yang menjadi pembelajaran, berawal dari recruitmen panitia, memilah-milih panitia, pembentukan panitia dan panitia bergerak. Kepanitiaan inti, selain saya dan sonya sebagai ketua dan sekretaris. Ada nindi sebagai bendahara, harry koordinator acara, rasyid koordinator perlengkapan, taufik koordinator konsumsi, dandy koordinator humas & LO, hanum koordinator pubdok dan ahmad sebagai koordinator danus.

Berawal dari mengkonsep acara, menentukan pemateri dan membuat proposal. Segalanya memiliki kendala masing-masing. Ruang lingkup se-nasional membuat kami memastikan bahwa acara ini harus standard nasional baik pemateri, tempat, dan berbagai lainnya.
Sambutan Saya sbg Ketua Pelaksana

LKMM TM Se-Indonesia pada tahun ini bertema “Muda Berkarya, Indonesia Berdaya” . Hal ini di dasari karena tanpa karya-karya keren anak muda, maka bangsa ini sulit untuk maju dan mampu berdaya kuat. Maka tema ini menjadi landasan dasar acara kami agar peserta LKMM TM Se-Indonesia akan berkarya untuk Indonesia berdaya.

Hingga pada akhirnya, setalah berbagai proses. Tibalah waktu penyelenggaraan acara pada 1-7 Februari 2015. Acara ini di ikuti oleh berbagai mahasiswa yang tersebar di Indonesia. Dan acara pun berlangsung. Dimulai dari welcoming party yang “beda” dari sebelum-sebelumnya. Kami rombak ruang lantai satu PKM sehingga mahasiswa unand pun kaget dengan konsep kami. Kami sambut dengan acara pembukaan dan hiburan dengan tarian khas minang serta konsumsi maknyus tentunya.



Lalu paginya geopoint unand yang di pimpin langsung oleh rektor kami, Prof. Werry Darta Taifur. Geopoint ini, para peserta berkeliling mengelilingi unand yang luas, hijau dan memiliki pemandangan yang keren. Karena di Unand ini berada di perbukitan karamuntiang, tentu juga memiliki udara yang segar di pagi hari.

Setalah pembukaan formal, acara langsung dilanjutkan dengan diskusi pergerakkan mahasiswa dengan ketua Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia yang juga mantan presiden mahasiswa Unpad, Pak Yuliandre Darwis. Peserta sangat interaktif dalam acara ini.

Besoknya materi judul peran pemuda dalam korupsi, yang di moderator dosen hukum, pak Feri Amsari dan pemateri mantan anggota DPR RI Pak Nudirman Munir dan Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia Bang Alfon Kurnia Palma. Kata-kata dari bang Alfon yang saya ingat “Mahasiswa telah terfragmentasi oleh warna politik dan ekonomi. Urusan bersama kalah dengan urusan perut.”

Sesi selanjutnya, bertema politik. Yang diisi oleh pemateri pengamat politik pak Asrinaldi, Dosen Tata Negara FH Unand pak Khairul Fahmi dan Pak Aristo Munandar. Setelah itu dilanjutkan dengan FGD. Esok harinya, temen-temen delegasi di suguhkan dengan cara pembuatan tebu tradisional. Delegasi menikmati tebu hasil olahan mereka.  
Delegasi, Pak Elmir dan Ketua Pelaksana

Setelah itu pemateri selanjutnya adalah tokoh inspiratif juga. Seminar nasional “membangun peradaban bersama keluarga” bersama Pak Elmir Amien, sang pendiri Forum Indonesia Muda. Sebuah Forum yang menghimpun pemuda-pemuda keren se-Indonesia. Paradelegasi begitu bersemangat, apalagi ngebahas “keluarga”. :D

Dan hari-hari selanjutnya juga di isi berbagai materi luar biasa dan acara yang kece. Pemateri seperti Mak Katiek (pemain Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk, dari Semen Padang bu R.R Endang. Dll). Diskusi terbuka bersama tokoh-tokoh Sumbar. Pak Kapolda, dalam Indonesian Leader Club. Acara pelepasan Penyu juga ada. Dan pada akhirnya acara di tutup dengan jalan-jalan menikmati ranah minang. Baik ke Istana Pagaruyung dan Ke Bukittinggi.

Alhamdulillah acara berjalan Ada kesan tersendiri ketika perpisahan delegasi kembali ke daerah asalnya. Ketika para delegasi menyampaikan luar biasanya acara ini, senangnya mereka. Senyum yang tergores di wajah mereka. Hingga ada yang menangis mengucapkan senangnya mengikuti agenda ini. Saya saya tersentuh. Semoga para delegasi

Dan juga kepada panitia yang luar biasa, perjuangan yang tak sia-sia. Selama acara, panitia tidur kurang tiga jam sehari. Setelah acara malam, panitia briefing hingga jam 1 bahkan sampai jam 2 lalu bergerak lagi jam 5 pagi. Alhamdulillah tim panitia LKMM TM Se-Indonesia adalah orang-orang luar biasa.

Tim inti yang kece abis lalu seluruh panitia, baik anak acara Zulfitri, Wilda, Fajar , Elvi, Anisa, Deges, Alfino, Dodi, Hendra. Perlengkapan Arpin, Azizan, Raygan, Fitri, Konsumsi, Menye, Fitriani T, Fadilla, Isand, Ikhsan, Sherly. Pubdok Leyla, Aisyah, Andru, Erick. Humas & LO Dhiane, Husni, Syahreza, Puja, Fristania, Putri, Pertiwi. Danus Widya, Vella Indah dan Kestari Ayoe, Zara, Aurora Kalian semua LUAR BIASA!

Tetap bergerak, tetap berkarya. Buatlah Indonesia berdaya dengan tangan-tangan kita semua. “Muda Berkarya, Indonesia Berdaya”.

Dan ini mungkin sepotong episode tentang pengalaman saya memimpin kepanitian LKMM TM Se-Indonesia 2015. Alhamdulillah banyak pembelajaran yang di dapat. Baik pengelolaan uang penyelenggaraan, manajemen psikologis, pengolahan acara, dll.
Ini jejak langkahku #MelangkahMenginspirasi.

Welcoming Party
Penampilan Puisi Saat Welcoming Party

Penampilan saat closing statement
Sesi Pelepasan Penyu


Sesi Materi





0 komentar:

Poskan Komentar