Selasa, 08 September 2015

Untukmu Mahasiswa Baru, Ini 7 Hal yang Buat Kamu Jadi Mahasiswa Keren

Kala menapakkan kaki kita di kampus pertama kali. Pasti kita punya banyak keinginan dan mimpi untuk di capai. Lulus cepat atau memiliki kemampuan yang tentu bisa digunakan untuk kehidupan pasca kampus. Tapi terkadang kita bingung apa aja sih hal yang harus kita capai agar kita jadi mahasiswa keren dan tentunya kompetitif dalam dunia pasca kampus nanti. Ini 7 hal yang menurut saya kudu kamu penuhi selama di kampus.

1. Akademik yang Baik


Pict By Google
Jadi mahasiswa ya tugasnya belajar, masuk kuliah, ngerjain tugas dari dosen, buat paper, praktikum, asistensi dan lain-lain. Itu sudah barang wajib yang dijalani mahasiswa. Tujuan  kita kuliah tentu ingin memiliki kemampuan hard skill yang mumpuni sesuai jurusan yang kita ambil.
Nilai akademik yang baik tentu menjadi hal yang harus kita capai. Sekarang hidup susah bro, nilai bagus aja susah nyari kerja, apalagi nilai jelek.  Kalo ada yang bilang, banyak orang yang IP-nya kecil bisa sukses. Ya jangan telen mentah-mentah. Nasib tiap orang beda-beda. Jangan ada terlintas di keinginan kamu mau IP jelek. Kalo denger berita kayak gitu, fikirkan saja, IP jelek aja bisa sukses, apalagi IP Bagus. So, kuasai bidang yang kau pelajari dan baguskan nilai akademikmu.

2. Pengalaman Organisasi yang Dahsyat


Pict By FSLDK
Kemampuan memimpin, dipimpin, mengelola sebuah tim, tanggung jawab kerja dengan ritme tinggi adalah sekelumit hal yang tidak dapat kamu raih di bangku-bangku kuliah. Semua itu hanya dapat kamu dapatkan dengan aktif organisasi. Maka barang tentu untuk mendapatkan hal itu, kamu harus ikut organisasi.
Kamu bisa masuk organisasi sesuai minat kamu. Di kampus kan terdapat banyak organisasi, baik dalam bidang keagamaan, olahraga, kesenian, kajian, budaya, politik, dan organisasi umum. Nah, kamu bisa pilih organisasi yang kira-kira bisa meningkatkan kemampuan dan bakat kamu.
Dengan banyak pengalaman organisasi, sudah barang tentu kamu bisa meningkatkan kemampuan public speaking kamu, daya kritis, manajemen waktu, kepemimpinan dan lain-lain.

3. Prestasi yang Oke


Hasrat untuk berprestasi dalam diri adalah hal-hal yang harus kamu penuhi. Selagi masih mahasiswa, segala peluang untuk memenangkan berbagai ajang perlombaan dan kejuaraan terbuka lebar bagi kamu. Maka jangan kamu sia-siakan kesempatan ini. 

Kamu bisa ikut PKM untuk tembus ke PIMNAS, atau jika kamu jago dalam bela diri atau keolahragaan lainnya, kamu bisa berprestasi dalam bidang itu. Jika kamu suka menulis, kamu bisa berprestasi dalam bidang menulis dan karya ilmiah. Kamu yang suka bicara, bisa ikut lomba pidato atau debat. Dan banyak bidang lainnya.
 Cari kemampuan, minat dan bakat mu. Dan berprestasilah.

4. Mengikuti Berbagai Pelatihan, Seminar dan Pengembangan Kemampuan Lainnya


Saat ini pelatihan untuk mahasiswa sudah sangat banyak. Baik tingkat Kampus, Daerah, Nasional bahkan Internasional. Kamu bisa mengikutinya. Tinggal kamu lagi yang mau atau tidak.
Mengikuti pelatihan, seminar, meneguk inspirasi dan hikmah yang disampaikan para pemateri. Merupakan hal yang bisa kamu cari selama kuliah.  Semakin luas tingkat pelatihan yang kamu nikmati, semakin melimpah ilmu yang kamu dapat, semakin banyak teman sepelatihan yang kamu kenal.

 

5. Aktif Kegiatan Sosial Kemasyarakatan 

Pict By FKI Rabbani

Tugas mahasiswa sebagai Agent of Change, Social Control, dan Iron Stock tidak hanya di kampus-kampus saja. Kalo kata Anies Baswedan, "Mereka harus berkompetensi Internasional namun memiliki rasa kesetaraan akar rumput." 

Mahasiswa harus bergerak untuk masyarakat sejak ia masih menjadi mahasiswa. Maka dari itu teman-teman bisa membuat kegiatan yang dapat membangun masyarakat. Tidak hanya bakti sosial, teman-teman bisa buat komunitas untuk kota yang lebih hijau, teman-teman bisa buat gerakkan membaca, teman-teman bisa buat kegiatan peningkatan SDM anak-anak kecil di kota teman-teman. 
So, banyak gerakkan pembangunan masyarakat yang bisa kamu coba di daerahmu.

 

6. Membangun Jaringan yang Luas

 
Pict by google

Selama kuliah adalah saat yang tepat untuk memperbanyak teman, rekan kerja. Jangan sampai sampai kamu lulus kuliah. Kamu cuma kenal sebatas teman satu kelas, jurusan atau fakultas saja. Kamu bisa membuat jaringan teman hingga se kampus kamu, se kota kamu. Bahkan seluruh Indonesia.
Jaringan ini penting untuk mu untuk menghadapi kehidupan pasca kampus. Entah kamu mau bekerja atau membangun usaha. Dengan jaringan ini, bisa memudahkan kamu. Banyak teman, banyak rezeki.

Oh iya, jaringan luas ini bisa mempermudah kamu yang suka travelling. Terutama kamu yang suka travelling dengan dana pas-pasan. Setidaknya jika kamu memiliki jaringan yang menyebar tiap provinsi, bisa memudahkan kamu untuk tidur "gratis".
Dan bisa bilang ke orang tua pas kamu mau jalan-jalan , "Tenang aja bu, teman aku ada di setiap provinsi di Indonesia. Bahkan di Merauke sekalipun."
 

7. Ibadah yang Mantap

Pict By Google

Inilah hal mendasar. Percuma kamu memiliki kemampuan dan kehebatan lainnya jika kamu jauh dari Tuhan yang Maha Esa. Seluruh kehidupan kamu bisa dijadikan ibadah. Kuliah mu, bisa jadi ibadah. Semua kegiatan kemahasiswaan kamu bisa kamu jadikan ibadah. Jangan kamu kotori dengan perbuatan yang membuat Allah murka. Kayak Mencontek, Titip Absen, Pacaran, dan maksiat lainnya.
Tentunya Ibadah mahdhah seperti shalat wajib di awal waktu (berjamaah untuk cowok), shalat dhuha, shalat malam, tilawah qur'an, puasa sunnah dan ibadah lainnya juga kamu lakukan. Biar kamu tidak cuma keren di mata manusia. Tapi juga keren di mata Allah.


Finally, semua itu bisa kamu dapat semasa kamu kuliah. Tentu dengan mengurangi hidup santai mu, mengurangi main-mainmu. Serta memaksa mu untuk keluar dari zona nyaman mu.
Karena tidak ada pencapaian yang dicapai tanpa pengorbanan dan perjuangan. Berjuang untuk masa depan mu, untuk kebahagiaan orang tua mu, untuk agama dan bangsamu.
Semoga Allah meridhoi dan memudahkan langkah-langkah kita.
Semangat !!!!!! ^_^

4 komentar:

  1. luar biasa! terimakasih atas tipsnya bang. jadi termotivasi untuk lebih maju!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat ya.. Terus berkarya dan berprestasi.

      Hapus
  2. Mantappp...

    Wah.. ada foto saya wkwkwk
    Gagal fokus, #bukan_mahasiswa (lagi) :D :D

    BalasHapus
  3. Mantappp...

    Wah.. ada foto saya wkwkwk
    Gagal fokus, #bukan_mahasiswa (lagi) :D :D

    BalasHapus