Kamis, 29 Oktober 2015

Hidupmu Tertekan? Ini Rumus Menghadapinya

Kepalamu berat, fikiranmu berputar-putar. Kau terasa tertekan dari berbagai arah. Sangat banyak hal yang menuntutmu sehingga kau bergitu tertekan. Pernah kah kau merasakannya? Rasa yang begitu pilu di hati, menyesakkan di dada. Ia bagai dinding-dinding yang bergerak menuju diri dari berbagai arah. Menekan tubuh yang ringkih. Hingga tubuh ini terhimpit dari berbagai masalah yang melanda.

Ah, sudahlah. Pernah merasakan itu teman-teman? keadaan seperti diatas? Saya yakin setiap manusia pernah ditekan dari segi apapun. Baik itu pekerjaan, pergaulan dan sebagai lainnya. Tertekan karena pekerjaan, amanah organisasi , dan dunia profesional adalah hal wajar. Kemampuan berfikir dalam tekanan menjadi hal penting untuk di miliki seorang profesional.

Namun yang kita bahas kali ini bukan tertekan karena itu, namun tentang tertekan karena hal sepele. Yaitu tertekan karena lifestyle. Walaupun solusi yang saya tulis bisa digunakan untuk menghadapi apapun latar belakang dari rasa tertekan kita. :D

Nah, di abad sekarang, mengikuti style modern menjadi sebuah gaya hidup yang tak bisa dipungkiri. Ketika merk sebuah tas menjadi sebuah trend. Maka kaum hawa akan mulai berbondong-bondong membelinya. Ketika style rambut yang digunakan artis-artis hollywood dan tanah air berubah. Maka para insan modern ini ikut merubahnya.

Begitu juga ketika mode hijab 'lilit-lilit' ala artis-artis yang sekarang banyak menggunakannya. Di temani pakaian yang ketat-ketat. Para muslimah juga "latah" ngikutin berhijab ala artis berbaju ketat itu. 

Pokoknya sekarang zaman ngikutin trend deh. Bahkan tidak cuma untuk perempuan, para lelaki pun juga banyak yang mengikuti. Mereka mulai bangga menjadi lelaki metropolitan. Ketika David Beckham ganti gaya rambut. Banyak kaum adam yang mengikutinya. mengikuti trend yang ada. Ketika lelaki zaman sekarang harus bermuka bersih layaknya boyband korea. Mereka akan kalang kabut hanya karena sebuah jerawat tumbuh di wajahnya.

Hingga pada akhirnya, banyak manusia yang stress hingga mau berbuat hal kriminal seperti mencuri, untuk bisa mengikuti trend ini. Di kalangan mahasiswi, ada juga yang ingin mendapat banyak kemewahan hingga menghalalkan segala cara agar bisa mengikuti trend. Sampe ada yang menjual diri mereka (baca: ayam kampus). Dan juga para koruptor di Indonesia, melakukan tindak korupsi karena juga ingin mengikuti gaya hidup mewah. Update gaya hidup modern ini-lah yang kini melanda anak bangsa.

Tertekan karena gaya hidup ini menjadi masalah tersendiri. So, apa yang harus kita lakukan?

Di ilmu fisika terdapat rumus P = F/A. Tekanan sama dengan gaya di bagi dengan luas permukaan. Mungkin kita bisa mengambil dari rumus ini. Anggap rasa tertekan yang melanda hati kita adalah P. Maka besar kecilnya rasa tertekan itu tergantung besar F (Gaya) dan A (Luas permukaan hati).

Bila semakin besar gaya-gaya'an kita. Dan semakin kecil hati kita. Maka perasaan tertekan akan senantiasa menyerang diri. Sebaliknya, bila semakin kecil gaya-gaya'an kita. Dan semakin lapang hati dan dada kita. Maka hidup tertekan itu sangat kecil.

Jadi, jangan banyak gaya deh buat hidup kalian. Syukuri aja apa yang ada. Yang tampangnya biasa aja, syukuri. Yang kantongnya biasa aja, syukuri. Yang style bajunya biasa aja, syukuri. Jangan sok-sok kegayaan ngikuti trend para artis. Kepala pusing tujuh keliling karena sebuah jerawat. Mata jelalatan liat sesuatu yang bermerk. Hingga stress gara-gara semua yang kita inginkan tak tercapai. Hadeh, pusing kepala berbie ngeliat kelakuan yang kayak gini. 

Lalu, lapangkan hati. Gimana caranya? Allah udah kasih jawaban. Inget ayat ini? alaa bidzikri allaahi tathma-innu alquluubu ?  Bener, ini potongan surat Ar-Ra'd ayat 28 yang artinya "Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram."

Nah, kalo hidup mau tenang dari berbagai tekanan dan stres. Nih kuncinya, Inget Allah. Dzikir terus. Mau makan inget Allah, mau tidur inget Allah, mau kuliah inget Allah, mau keluar rumah inget Allah. Pokoknya semua kegiatan kita inget Allah deh. Pasti hati tenang dan nggak tertekan lagi. 

Udah tau kan rumusnya? Perkecil gaya-gaya'an kamu. Lapangkan hati kamu dengan dzikrullah. P = F/A.

Semoga bermanfaat.
#MelangkahMenginspirasi

0 komentar:

Poskan Komentar