Minggu, 01 November 2015

Kecenderungan Mencinta

Kecenderungan mencinta. Ya, semua orang memiliki sesuatu hal yang membuat mereka tertarik, terkesan, terkagum hingga jatuh cinta.  Kadang pola ketertarikkan itu ada yang rumit, dan ada pula yang sederhana.  Penjelasan disini bukan secara ilmiah saya lakukan. Hanya kesimpulan yang saya ambil dari sekian lama mengamati. 

Alhamdulillah, sejak SMP hingga sekarang saya sering dipercaya untuk menjadi tempat curhat. Baik laki-laki maupun perempuan, tomboy maupun kalem, keras atau lembut, dan berbagai karakterisitik teman-teman saya. Itu membuat saya sedikit memahami berbagai karakter manusia dan kecenderungan cinta dan benci mereka.

Saya mengamati berbagai hal, terutama akan ketertarikkan hati mereka. Berulang kali saya mendengar, berulang kali saya memberi solusi. Rata-rata pola ketertarikkan mereka hampir sama. Yaitu mereka tertarik pada seseorang yang memiliki banyak kesamaan dengannya. Walau tidak semua, namun ini saya temukan di hampir seluruh teman yang menceritakan isi hatinya kepada saya.

Saya mencoba merenung. Juga memperhatikan diri. Ternyata saya juga seperti itu. Saya akan tertarik kepada seseorang yang memiliki kesamaan lebih banyak dengan diri saja. Sebut saja dalam hal sastra. Saya termasuk penikmat sastra, membaca berbagai buku, mencoba membuat-buat puisi dan menulis berbagai cerita. Dan kala ada seseorang yang memiliki ketertarikkan yang saya temui. Maka "klik" sudah. Pembicaraan akan panjang.

Itu juga saya alami dalam berbagai kesamaan lainnya. Pola fikir, hobi, kecenderungan bergerak, ideologi ,  kebiasaan, dan berbagai hal lainnya. Hingga saya akan mudah tertarik dengan seseorang bila kesamaan itu ada.

Ini tidak hanya dalam hubungan antar lawan jenis. Namun dalam hal pertemanan juga seperti itu. Kita akan berteman akrab, bahkan menjadi sahabat dengan seseorang yang memiliki banyak kesamaan dengan kita.

Maka wajar sudah, ada orang bijak mengatakan "jodohmu adalah cerminan dirimu". Dan juga dalam Al-qur'an juga tertulis di surat an-nur ayat 26 bahwa lelaki baik hanya untuk wanita baik, dan lelaki keji hanya untuk wanita keji. Bukankah begitu firman-Nya?

Jelas sudah, setiap insan memiliki kecendrungan masing-masing. Dan parameter terkuat mereka kadang terdapat pada diri mereka masing-masing. 
Jadi, sudahkah kau tentukan parameter dirimu? Apakah sesuai dengan yang di inginkan Allah atau tidak?

#MelangkahMenginspirasi

0 komentar:

Posting Komentar