Rabu, 11 November 2015

Tips Efektif Bikin Paspor, Biar Ngga Bolak-Balik Ke Kantor Imigrasi Kayak Gue

Pada dasarnya ini adalah pengalaman gue yang merasa ngga efektif banget bikin paspor karena suatu dan lain hal. Padahal sebenernya ngurusnya itu sangat gampang dan Cuma butuh 2 kali dateng aja ke Kantor Imigrasi.Wawancara serta foto dan ngambil paspor yang udah jadi.

Gue akan menjelaskan dari awal pembuatan hingga akhir. Tulisan ini untuk teman-teman yang belum tau dan ingin tau. Ya kalo udah tau, cukup share aja. Siapa tau masih banyak yang belum tau. Hehe.

Sebenarnya gue sudah dari tahun satu ingin buat paspor, namun terkadang hidup keras bro,  gue hidup di padang dengan dana bidikmisi. 600 ribu perbulan untuk memenuhi kehidupan sebagai mahasiswa di kota padang yang ngga ada warteg, jadi makanannya masakan padang semua (Mahal bro). Nah dengan uang segitu, juga ada sih penambahan uang dengan ilmu pandai-pandai gue yang bisa ngehasilin uang. Tapi tetep aja, mengalokasikan uang 360 ribu untuk buat paspor bisa buat gue ga makan ber minggu-minggu dan ngga beli buku berbulan-bulan. :D

Di tahun akhir mahasiswa ini Alhamdulillah udah punya penghasilan, sehingga mau buat paspor di semester 7 ini. Tapi sebelum beli paspor, gue beli dulu buku dari Inspira Book (web: inspirabook.com), yang judulnya “Jurus Kuliah Ke Luar Negeri” sama “Toefl Killer”. Eh Alhamdulillah, gue dapet undian dan memenangkan dana untuk buat paspor. Alhamdulillah, Terima Kasih Inspira Book sudah ngasih uang sehingga jadilah paspor gue. *Salemin orangnya

Oke sekarang masuk intinya. Bikin paspor itu gampang sob. Apalagi kalo lu bikin dengan online. Its simple and easy. Tapi entah kenapa kok gue jadi ribet. Karena banyak mitos buat paspor yang gue denger jadi membuat gue terhambat (Caelah mitos). Jadi tulisan ini gue buat biar temen-temen yang ngga tau menau info buat paspor bisa mudah mendapat info yang valid tanpa simpang siur, apalagi mitos.

First step, silahkan buka www.imigrasi.go.id. Liat di menubar nya, klik Layanan Publik, terus klik Layanan Paspor Online.

Nah, nanti kan kebuka tu halaman baru. Silahkan klik Pra Permohonan Personal dan ikuti arahannya. Selanjutnya kalian akan input data. Ya isi aja, gampang kok, udah jelas semuanya disitu.

Setelah kamu ngisi semua itu, kamu bakalan dapet email dari kantor imigrasi dan  sampai ke tahap pembayaran. Nah bayar deh ke Bank BNI bawa file dari email tersebut yang sudah di print ke bank. Biayanya 355 ribu buat paspornya, 5 ribu buat banknya. Terus konfirmasi pembayaran di alamat yang ada di email kamu itu. Dan selesai sudah, selamat anda sudah selesai tahap pendaftaran online. Tinggal verifikasi berkas dan wawancara ke kantor imigrasi terdekat yang sudah kamu buat di input data itu.

Sebelum ke imigrasi siapkan berkas-berkas yang harus teman-teman bawa. Kartu Keluarga, KTP, sama Akta atau ijazah. Bawa yang asli dan fotocopy. Sserta pastika informasi di tiga dokumen itu ngga ada yang beda, seperti nama, tempat dan tanggal lahir, dan lain-lain deh, jangan ada yang beda. Kalo beda bakalan ribet kalian. Tentu jangan lupa bawa bukti pembayaran dari bank.

Sampai sini bakalan lancar-lancar saja. Nah pas pergi ke imigrasi, gue dapet mitos kalo datang ke imigrasi harus subuh-subuh hari. Waktu itu hari jum’at, gue agak menghiraukan mitos itu. Dan datang di imigrasi jam 7.38. Bertanyalah gue kepada seorang bapak yang sibuk nulis-nulis sesuatu. “Maaf pak, alurnya gimana nih pak?”. “Adek udah ambil antrian?” “Belum pak”.

“Yah ngga bisa dek, coba adek baca di depan. Itu ambil nomor antrian dari jam 5 sampai jam 7.30.” “eh beneran pak? Termasuk yang online?” “iya, orang jam 5 aja udah banyak yang nganti ambil nonor antrian. Ngga percaya liat aja di depan”. (bahasa disini telah diubah dengan bahasa saya, kejadian aslinya ngga langsung-langsung kayak gini)

Gue keluar dan liat kedepan. Ternyata beneran ada, gede lagi tulisannya. Kuota 70 pemohon umum dan 20 pemohon online. Hoho. Gue tanya ke satpam, “ini nomor antriannya buat yang online ngga ada lagi pak?” Dan satpam itu jawab ngga ada lagi dan nyaranin balik hari senin. Dan gue pun pulang dan balik hari selasa, soalnya senin ada kuliah pagi.

Sampailah gue selasa disana jam 5.41, dimana pas selese subuh dengan adek-adek asrama langsung capcus ke imigrasi tanpa ikut agenda subuh seperti biasa. Pas dateng di situ, ngeliat satpam (beda lagi satpamnya) yang udah di kelilingi orang. Saya minta deh. “pak minta antrian yang online dong”. “Online pak? yang online datang aja nanti jam 8, ngga pake nomor antrian.”

Ondeh Mandeh, gue langsung inget bapak dan satpam yang ngasih info. Positif thinking aja lagi,  mungkin bapaknya ngga tau dan satpamnya masih baru tau masih training. :D. Jadi info buat temen-temen Kalo udah daftar online tinggal dateng aja jam 8 ke imigrasi ada tempat khusus naro berkas pemohon online. Ngga usah dateng subuh-subuh kayak mitos yang ada. Hoho.

Menunggulah gue di masjid sampai jam 7.55, datang ke imigrasi. Naro berkas di tempat online. Isi surat pernyataan yang bisa di beli di koperasi kantor imigrasi, nunggu giliran di panggil, dan pas di panggil di wawancara. sudah, lanjut ngantri ambil foto dan selesai. Waktu yang di habiskan ngga sampai satu jam. Jam 8.50 saya sudah pulang.

Nunggu 4 hari kerja dan ambil deh, jangan lupa bawa bukti pembayaran ketika pengambilan paspor yang sudah jadi. Selesai deh. Paspor sudah di tangan. Jadi ngga ribet kok, ngga perlu nunggu berjam-jam. Ngga perlu datang subuh hari. Kalo kamu udah daftar online, ngga sampai waktu satu jam kamu di kantor imigrasi.

Selamat buat paspor dan selamat ke luar negeri kawan-kawan.

13 komentar:

  1. Widiih kereeen. Makasih infonya mul!

    BalasHapus
  2. kalo bikin di provinsi mana aja sama ka ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaAllah sama aja, kan sama2 buat di kantor imigrasi :)

      Hapus
  3. Klo pake kartu keluarga.. trus yg merantau dan kos gini harus juga?? Jd kartu keluarga d kirim dari kampung ke tmpt perantauan? Apa ada kebijakan lain soal KK? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, KK saya jakarta. dan saya buat di padang. Jadi saya minta nyokap kirim KK dari jakarta ke Padang.
      Jadi kamu minta aja ortu kamu kirimin dari kampung kamu

      Hapus
    2. Oke mas... thanks infonya... sip

      Hapus
    3. Oke mas... thanks infonya... sip

      Hapus
  4. Hi there to every body, it's my first pay a quick visit of this website; this webpage carries amazing and genuinely fine material in favor of visitors. capitalone com login

    BalasHapus